Mesir, Arab Saudi, UEA, dan Jordan Nyatakan Siap Bentuk Pasukan Arab Regional

kekuatan militer arabEramuslim – Pemerintah kudeta Mesir menyerukan pembentukan pasukan regional Arab untuk memerangi terorisme sebagai respon atas konflik yang kini melanda negara-negara di kawasan Timur Tengah.

Usulan ini dilontarkan Presiden Abdel Fattah Sisi menjelang pertemuan tingkat menteri luar negeri Liga Arab pada 8 Maret mendatang, melihat ancaman yang ditimbulkan oleh gerakan mujahidin di Irak dan Suriah yang dapat mengganggu stabilitas keamanan nasional Arab.

Menanggapi usulan tersebut, penasihat Akademi Militer Nasser, Jenderal Hisham al-Halabi, mengatakan kepada kantor berita Sky News Arab menyambut baik usulan Sisi, dan mengatakan bahwa sudah saatnya kawasan membentuk kekuatan bersama untuk menghadapi kelompok–kelompok mujahidin di Timur Tengah.

Jenderal Hisham al-Halabi menjelaskan bahwa kekuatan pasukan regional Arab nantinya harus terdiri dari tim operasi khusus dan tim intelijen untuk dapat menangani kelompok-kelompok mujahidin bersenjata.

Tercatat sejumlah negara seperti Arab Saudi, UEA, dan Jordan menyatakan siap bergabung dalam pembentukan pasukan Arab regional yang di usulkan Sisi, sebagai upaya bersama menghilangkan terorisme. (Skynewsarabia/Ram)