Evakuasi Pasien, BPIH Makkah Kesibukannya Meningkat

Kesibukan di Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) Daerah Kerja (Daker) Makkah terjadi peningkatan, sehubungan akan dievakuasinya seluruh pasien yang dirawat ke Daker Madinah pada Jumat (11/1) waktu setempat.

Seluruh ambulans dikerahkan seiring berakhirnya pemberangkatan seluruh jamaah gelombang dua dari Makkah ke Madinah. "Tanggal 11 Januari, rencananya seluruh pasien yang ada di BPHI Makkah sudah harus dievakuasi ke Madinah, " kata Kepala Seksi BPHI Makkah, dr Deddy Nurwahid, di Makkah, Kamis.

Total jumlah pasien yang dievakuasi dari BPHI Makkah ke BPHI Madinah berjumlah 32 orang. Para pasien yang dirawat di sejumlah rumah sakit Arab Saudi, menurut dia, akan diserahkan ke Konsulat Jenderal (Konjen). Mereka dikirimkan secara bertahap sejak 1 Januari 2008.

Sementara itu, jumlah pasien rawat inap yang belum dievakuasi ke Madinah hingga Rabu berjumlah 17 orang. Deddy berharapkan, pada Jumat ini semuanya sudah bisa dievakuasi, karena BPHI akan ditutup.

Mengenai pasien yang dirawat di sejumlah rumah sakit di Arab Saudi hingga Rabu berjumlah 36 orang. Data dari Sanitasi dan Survellance (Sansur) Daker Makkah memperlihatkan, pasien tersebut dirawat di lima rumah sakit, yakni RS An Nur (10 orang), RS Jahir (13 orang), RS Syisya (6 orang), RS Aziat (1 orang) dan RS Heera (6 orang).

"Belum ada konfirmasi apakah pasien-pasien tersebut juga akan dievakuasi ke Madinah untuk mengikuti kloternya yang sedang melaksanakan Arbain (shalat 40 waktu) di sana, "jelasnya.

Tentang jumlah pasien yang datang berobat ke BPHI Daker Makkah sejak hari pertama kedatangan jamaah ke kota ini, lanjut Deddy, ada sekitar 2. 000 orang, sedangkan yang dirawat inap sekitar 600 orang.

Sementara itu, sampai dengan Kamis (10/1), jumlah jamaah haji Indonesia yang meninggal di Arab Saudi ada 412 orang atau 0, 19 persen dari total jamaah yang datang. Dengan perincian, 302 orang meninggal di Makkah, 26 orang meninggal di Jeddah, 43 meninggal di Madinah, 11 meninggal di Arafah, 26 meninggal di Mina dan empat meninggal dalam perjalanan.

Untuk jumlah jamaah yang masih tinggal di Makkah sampai dengan dua hari menjelang pemberangkatan terakhir ke Madinah, data dari Penerangan Daker Mekah menyebutkan ada 14. 714 orang.

Sementara itu, jumlah jamaah yang berada di Madinah 63. 324, dan Jedah 1. 123 orang. Sedangkan jumlah jamaah yang sudah meninggalkan Arab Saudi, hingga kemarin jumlahnya sudah mencapai 108. 606 (55, 91 persen) dari total jamaah haji yang datang pada tahun ini.(novel/mch)