Testimoni Susno Duadji Soal Boediono dan Century

Susno Duadji

Ada yang menarik dari testimoni mantan Kabareskrim Mabes Polri, Komjen Pol Susno Duadji. Dalam testimoni yang disampaikan Susno ke Pansus Century menyebutkan bahwa penyidikan kasus dugaan korupsi bailout Bank Century tiba-tiba dihentikan karena ada ekses ke calon wapres waktu itu.

Menurut anggota Pansus Hak Angket Century, Andi Rahmat di Gedung DPR Senayan, Bareskrim sudah melakukan penyelidikan secara internal. Tapi, karena dikhawatirkan ada ekses ke calon wapres (Boediono, red) yang akan dilantik, kemudian dihentikan.

Testimoni Susno ini diserahkannya ke Pansus pada Rabu 20 Januari lalu. Andi mengaku bahwa ia punya data soal testimoni Susno yang menjelaskan kasus skandal Century sampai menjadi besar.

"Sangat mudah mencari kasus korupsi di balik bailout Century," ujar Susno dalam testimoninya seperti ditirukan Andi.

Susno, lanjut Andi, tidak bisa berbuat banyak. Dia hanya bisa menyerahkan testimoninya. "Tetapi tidak bisa melanjutkan (kasus Century) karena ada perintah penghentian," tutupnya.

Namun, Bareskrim Polri menyangkal adanya testimoni Komjen Pol Susno Duadji terkait kasus Century. Menurut Polri, kalaupun Susno membuat testimoni, pasti akan diserahkan ke Polri.

"Tidak ada itu. Apalagi isunya seperti ini, ada ujung-ujungnya ke Wapres," kata Kabareskrim Mabes Polri Komjen Pol Ito Sumardi di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta, Selasa (26/1/2010). mnh/dtk