Waspadai Demo Tandingan

Menyusul maraknya dukungan terhadap KPK atas penahanan dua pimpinan KPK Bibit dan Chandra oleh Polri, demonstrasi dukungan untuk KPK terus bergulir di seantero negeri. Mulai kalangan profesional, mahasiswa, hingga santri.

Namun, masyarakat yang ingin mengungkapkan dukungannya kepada KPK melalui demonstrasi sebaiknya waspada terhadap demo tandingan yang justru mendukung pihak yang dianggap memberangus KPK.

Hal ini terlihat dari pantauan eramuslim kemarin di sejumlah demo yang berlangsung di beberapa titik di Jakarta. Mulai dari kantor KPK di Rasuna Said Kuningan, Mabes Polri Kebayoran Baru, hingga Istana Negara. Setiap kali ada demo yang menyatakan dukungan terhadap KPK selalu diiringi oleh demo yang sebaliknya. Hal ini tidak tertutup kemungkinan akan memunculkan bentrokan antar pendemo.

Seperti yang terjadi di Mabes Polri kemarin. Setidaknya ada 3 demonstrasi mulai dari jam 1 siang hingga menjelang sore. Setelah demo mendukung KPK hampir selesai, di saat bersamaan muncul pendemo yang mendukung pihak sebaliknya. Mereka mengatasnamakan kelompok masyarakat yang memang belum dikenal, seperti masyarakat aliansi pendukung polri, dan sebagainya.

Hari ini, rencananya ribuan massa akan menghadiri sidang Mahkamah Konstitusi di jalan Merdeka Barat Jakpus untuk memberikan dukungan kepada Bibit dan Chandra. Tapi, berhati-hatilah karena kemungkinan besar akan ada pendemo di pihak yang berlawanan dalam waktu yang bersamaan. Tidak tertutup kemungkinan, ada pihak-pihak yang ingin mencederai citra dukungan kepada KPK dengan membenturkan dua pendemo yang berlawanan tersebut. mnh

foto: jakartapress