Pertumbuhan Bangsa Yahudi di Dunia Mandeg

Saad Saefullah – Senin, 25 Ramadhan 1430 H / 14 September 2009 12:12 WIB

Berapa sebenarnya jumlah orang Yahudi saat ini? Ternyata, bangsa Yahudi masih menjadi kaum minoritas di dunia. Dalam laporan yang dilansir oleh Lembaga Studi Perencanaan Bangsa Yahudi disebutkan bahwa pertumbuhan Yahudi secara alami sangat terbatas. Tahun 1970, jumlah mereka 12, 633 juta, dan saat ini baru mencapai 13,100. Laporan ini diketuai oleh Dennis Roos.

Otomatis, masalah ini masih menjadi bahan pemikiran Yahudi baik di dalam atau di luar Israel. Pernah disinggung oleh politikus kiri tersohor, Yosi Beilin beberapa tahun lalu dalam bukunya soal realitas Yahudi di dunia. Ia fokus ingin menghilangkan penghalang ini dengan cara redefinisi Yahudi dan menganggap kelahiran dari ayah Yahudi dan ibu non-Yahudi disebut Yahudi juga. Bukan mereka yang lahir dengan ibu Yahudi tanpa mempedulikan agama ayahnya sebagaimana yang biasa diterapkan kini di kalangan bangsa Yahudi.

Pertimbangan baru menurut Beilin yang diikuti oleh banyak kalangan seperti yang disebutkan dalam laporan ini akan menambahkan jutaan orang ke dalam bangsa Yahudi. Terutama prosentase perkawinan campuran antara Yahudi Amerika dan Eropa mencapai 55% dari total jumlah Yahudi.

Laporan tersebut mengisyaratkan dimensi lain soal jumlah Yahudi di negara Israel dan menurunnya rata-rata eksodus Yahudi ke sana selama tahun-tahun terakhir dengan jumlah 5,400 juta sementara di Amerika Serikat jumlah Yahudi mencapai 5,250 juta.

Namun jumlah Yahudi secara keseluruhan ini ternyata tidak sama dengan jumlah orang Yahudi yang berhasil duduk di parlemen yang cenderung meningkat setiap tahunnya. Di Inggris, jumlah anggota parlemen mencapai 52 anggota, padahal jumlah warga Yahudi di sana tidak lebih dari 300 ribu orang. Sementara kaum muslimin yang jumlahnya mencapai lima kali lipat dari Yahudi hanya memiliki satu orang perwakilan di parlemen Inggris.

Di AS jumlah anggota Kongres Amerika dari Yahudi berjumlah 13 orang dari 101 total anggota Kongres Amerika. Padahal persentase Yahudi di sana di bawah 2%. Sementara di parlemen Amerika Yahudi memiliki perwakilan 30 orang. Dan jangan tanya berapa banyak mereka yang loyal kepada Yahudi dan kepentingannya.

Di Perancis, Yahudi memiliki 18 kursi di parlemen padahal jumlah warga Yahudi di sana tidak melebihi 1% penduduk. Demikian halnya di Ukraina. Angka-angka di atas memberikan kesimpulan betapa besar lobi Yahudi di negara-negara besar. (sa/simpletoremember)

Berita Palestina Terbaru

blog comments powered by Disqus