Perbedaan Taliban Afghanistan Dan Al Qaeda (Bag I)

talibanEramuslim – Jum’at 31 Juli 2015, organisasi Taliban Afghanistan baru saja mengangkat pemimpin baru Mullah Mansur sebagai pengganti Mullah Mohammad Omar yang wafat akibat sakit berkepanjangan di salah satu rumah sakit ibukota Karachi, Pakistan.

Akan tetapi apakah kita tahu perbedaan organisasi Taliban Afghanistan dengna organisasi Al Qaeda yang dulunya dipimpin oleh Osama bin Laden? Berikut perbedaan kedua organisasi perjuangan tersebut menurut surat kabar Rassd;

Waktu Pendirian

Didirikan pada periode antara Agustus 1988 hingga 1990, organisasi Al Qaeda menyerukan panggilan jihad internasional di seluruh dunia dengan basis utamanya saat ini berada di Yaman, terutama di daerah-daerah suku dan daerah selatan, atau yang dikenal saat ini Al Qaeda Semenanjung Arab.

Sedangkan organisasi Taliban didirikan di provinsi Kandahar sebelah barat daya Afghanistan pada tahun 1994 oleh Mullah Mohammad Omar setelah Rusia kalah berperang melawan pejuang Taliban.

Berhasil memimpin Afghanistan dengan menggunakan hukum Islam hingga tahun 2001, Amerika Serikat dan sekutunya yang tidak senang dengan kepemimpinan Taliban menginvasi negara tersebut dengan dalih demokrasi.

Sejak saat itu Mullah Mohammad Omar memimpin kembali perjuang melawan antek-antek penguasa Afghanistan yang menjadi boneka Amerika melalui perang gerilya dari suatu daerah suku-suku ke daerah lainnya.

Mazhab yang digunakan

Hassan Abu Haniya, ahli spesialis dalam kelompok-kelompok bersenjata Timur Tengah mengatakan kepada Rassd melalui saluran telepon bahwa Taliban memakai mazhab Ibn Hanbal sebagai mazhab pegangan organisasi, sedangkan al-Qaedamemiliki doktrin Ibnu Taimiyah.

Akan tetapi Menurut Hassan Abu Haniya, Taliban Afghanistan justru menetapkan mazhab negara berdasarkan mazhab Abu Hanifa. (Rassd/Ram)