Raja Abdullah II : Saatnya Negara-Negara Arab Bentuk Koalisi Islam Arab Untuk Hadapi Terorisme

Raja Abdullah IIRaja Yordania, Abdullah II, menyatakan bahwa dirinya berniat untuk membangun koalisi Arab-Islam untuk melawan terorisme, dan menekankan pentingnya bahwa perang melawan organisasi teroris adalah urusan Arab dan Islam, seperti dilansir Yordania Royal Court King.

Dalam pernyataannya pada Minggu (21/12) malam, Raja Abdullah II, mengatakan “Islam sangat menganggap penting perihal terorisme. Negara-negara Arab harus dapat berkerjasama untuk dapat mengatasi terorisme di wilayah Timur Tengah.”

Raja Abdullah II menambahkan “organisasi yang membawa ide ini tidak akan berhenti hanya di Irak dan Suriah, akan tetapi akan meluas ke berbagai negara Arab dan duni Islam.”

“Perang melawan pemikiran terorisme dengan kekuatan adalah perang dalam jangka pendek, perang keamanan dalam jangka sedang dan perang ideologi dalam jangka panjang. Dan ketika kita dapat memenangi ini, kita juga dapat bersatu untuk menghadapi masalah Palestina dan mendukung mereka untuk mendirikan negara merdeka dan berdaulat di tanah mereka,” ujar Raja Abdullah II.

Menurutnya perang melawan ancaman terorisme memerlukan pendekatan holistik yang didasarkan pada prinsip-prinsip Islam yang toleransi dan moderat.

Raja Abdullah II menekankan bahwa ekstremisme tidak terbatas pada agama tertentu, tetapi ada dalam setiap masyarakat dan agama yang berbeda, termasuk Israel, “dan dunia harus bekerja sama dalam menghadapi bahaya ini,” ujarnya. (Alarabiya/Ram)