Setelah Hampir Satu Abad, Turki Akhirnya Miliki Seorang Menteri Berhijab

Aysen Gurcan 1Eramuslim – Jum’at 28 Agustus 2015 menjadi hari yang bersejarah bagi Republik Turki pasca 92 tahun negara tersebut berdiri, setelah pemerintahan PM Ahmet Davutoglu mengangkat seorang wanita berhijab menjadi seorang Manteri.

Adalah Aysen Gurcan, yang diangkat PM Ahmed Davutoglu pada Jum’at malam menjadi Menteri Keluarga dan Kebijakan Sosial di pemerintahan sementara, meskipun ketika diangkat dirinya sedang berada di luar Turki.

Aysen Gurcan bukanlah orang baru di pemerintahan Ankara. Sebelumnya tokoh jebolan Universitas Perdagangan Istanbul, Turki, pernah menjabat sebagai Dirjen Penelitian keluarga dan permasalahan sosial di era Erdogan menjabat sebagai perdana menteri.

Infromasi yang diperoleh kantor berita Anatolia menyatakan bahwa komposisi pemerintahan sementara terdiri dari 12 Menteri dari kalangan partai, termasuk Perdana Menteri Ahmed Davutoglu, dan 11 orang dari kalangan teknokrat.

Pemerintahan Turki sendiri kini menghadapi pemilu ulang pada 1 November mendatang, setelah pada 23 Agustus kemarin PM Ahmed Davutoglu gagal membentuk pemerintahan bersama dengan partai koalisi. (Rassd/Ram)