UNESCO Tetapkan “Wadi Salam” Sebagai Komplek Pemakaman Muslim Terbesar Di Dunia

Wadi Salam - tampak seperti sebuah kotaEramuslim – Menjadi komplek pemakaman Muslim terbesar di dunia, Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB “UNESCO” menetapkan Pemakaman Wadi Salam yang berada di kota Najaf, Irak, sebagai salah satu daftar Warisan Dunia.

Memiliki arti “lembah kedamaian”, Wadi Salam yang telah ada sejak 1.400 tahun yang lalu memiliki luas mencapai 1.485 hektar dengan jumlah jenazah yang telah dikubur mencapai lebih dari angka 5 juta jenazah.

Tidak hanya orang biasa yang dikuburkan di Wadi Salam, menurut para sejarawan sejumlah tokoh terkenal Islam seperti Nabi Hud, Nabi Saleh, Ayatullah Sayyid Muhammad Baqir al-Sadr, serta Ali bin Abi Thalib juga dimakamkan di komplek ini.

Sama seperti kehidupan nyata, Wadi Al-Salam memiliki makam yang dibangun dengan batu bata atau plester dengan tingkat yang berbeda. Dan umumnya, jenazah yang berasal dari keluarga kaya memiliki makam berkubah. Di sini kita juga dapat menemukan pemakaman di bawah tanah.

Bahkan dalam perang Irak ditahun 2003, pejuang bersenjata dari milisi Irak sering menggunakan pemakaman ini sebagai tempat bersembunyi dan mengintai musuh. Tentara Amerika Serikat tidak dapat memasuki daerah ini karena Wadi Al-Salam dipenuhi jalur berliku dan makam bawah tanah.(Arabicsputnik/Ram)