Mencari Sumber Air Untuk Rumah Tinggal

Bangun Rumah 123 – Kamis, 8 Jumadil Akhir 1434 H / 18 April 2013 18:10 WIB

Assalaamu’alaikum wrwb

Pak Andan, saya ingin menggali sumur air baru untuk rumah saya. Bagaimana caranya yng baik untuk menentukan titik yang tepat ?

Terimakasih atas jawabannya.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Abdul

 

Wa’alaikum salam wrwb

Pak Abdul dan netters eramuslim yang saya hormati, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam hal ini.

Yang pertama jelas kita harus jauhkan sumber air tersebut dengan septik tank. Minimal 8 sampai 12 meter. Hingga air tidak rawan tercemar kotoran.

Kemudian rencanakan titik air tersebut di tempat yang terbuka. Jangan ada bangunan atau atap di atasnya. Karena akan sulit dalam pengerjaan dan perawatannya kelak.

Beberapa wilayah memiliki ciri khas tersendiri. Hingga biasanya orang – orang penggali sumur air sudah hafal. Jadi carilah penggali sumur air setempat. Karena ia hafal riwayat tanah itu dulu. Mana tanah yang bekas awah, rawa, empang atau memang tanah darat dan tanah urugan.

Bertanya kepada tetangga terdekat  juga bisa. Karena biasanya mereka juga hafal. Belajar dari air tanah di rumah mereka sendiri.

Ada juga dengan menggunakan Cara tradisional. Dengan menggunakan beberapa batok kelapa yang disebar di beberapa titik. Sebelum batok kelapa tersebut di telungkupkan, taburkan garam di dalamnya. Maka periksa esok harinya. Batok kelapa yang memiliki embun air yang paling banyak disitulah pusat sumber air yang bagus.

Nah, demikian sepintas tips mengenai sumber air untuk rumah tinggal kita. Semoga bermanfaat.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST – [email protected]

Konsultasi Arsitektur Terbaru

blog comments powered by Disqus