31 Maret in History: Operasi Woyla Garuda Indonesia 206

Eramuslim ā€“ Garuda Indonesia Penerbangan 206 atau juga dikenal dengan sebutan Peristiwa Woyla adalah sebuah peristiwa pembajakan pesawat milik maskapai Garuda Indonesia rute penerbangan pelabuhan udara sipil Talangbetutu, Palembang ke Bandara Polonia, Medan, pada tanggal 28 Maret 1981.

Berangkat dari Jakarta pada pukul 08.00 pagi kemudian transit di Palembang, lalu melanjutkan penerbangan ke Medan dengan perkiraan sampai pada pukul 10.55, pesawat DC-9 Woyla dibajak oleh lima orang dipimpin Imran bin Muhammad Zein sekitar pukul 10.10Ā wib.

Drama pembajakan pesawat Garuda DC-9 Woyla berlangsung selama empat hari di Bandara Don Muang Bangkok dan berakhir pada tanggal 31 Maret setelah serbuan kilat Grup-1 Para-Komando yang dipimpin Letnan Kolonel Infanteri Sintong Panjaitan.

Pilot pesawat Garuda, Kapten Herman Rante, dan Achmad Kirang, salah satu anggota satuan Para-Komando Kopassandha, meninggal dalam baku tembak yang berlangsung selama operasi kilat pembebasan pesawat yang berakhir pada tanggal 31 Maret 1981. (Wikipedia/Ram)