5 Peristiwa Penting Umat Islam di Bulan Rajab (Bag.I)

Eramuslim – Bulan ke tujuh dalam kalender Hijriyah, Rajab, menjadi salah satu bulan suci umat Islam. Bahkan di bulan yang penuh rahmat dan kedamaian ini peperangan sangat diharamkan dilakukan.

Akan tetapi tahukah kita mengenai peristiwa penting yang terjadi pada bulan Rajab? Berikut 3 dari 5 peristiwa penting umat Islam di bulan rajab, dilansir dari About Islam;

  1. Isra’ Mi’raj

Isra’ Mi’raj merupakan salah satu mukjizat Nabi Muhammad SAW. Isra’ Mi’raj merupakan perjalanan selama satu malam yang dilakukan oleh Rasulullah kelangit, yang diawali dengan berangkatnya beliau bersama malaikat Jibril dari Masjidil Haram hingga Masjidil Aqsa. Kemudian beliau dinaikkan ke atas langit sampai ke Sidratul Muntaha yang merupakan tempat tertinggi dilangit. Selama perjalanan ke sana, nabi melihat surga dan neraka. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 27 Rajab.

  1. Allah Subhanahu wa Ta’ala mewajibkan sholat lima waktu

Pada peristiwa Isra’ Mi’raj Rasulullah SAW juga mendapat perintah dari Allah SWT untuk mengerjakan sholat lima waktu untuk pertam kalinya. Sholat merupakan untaian doa yang dilakukan dalam mencapai ketenangan hati dan jiwa serta menyeimbangkan antara kehidupan di dunia dan akhirat.