Hersubeno Arief: Membandingkan Anies dengan Ahok

Eramuslim.com – Selama lima bulan di penjara, Ahok hampir khatam Al Quran.” Judul berita di beberapa media baru-baru ini cukup menarik dan mengundang rasa ingin tahu. Apakah Ahok muallaf dan menjadi seorang muslim?

Khatam dalam pengertian yang benar adalah berhasil menyelesaikan membaca 30 juz Al Quran dalam bahasa dan huruf arab. Di kalangan muslim saja, tidak banyak yang pernah khatam Al Quran. Jadi kalau benar Ahok hampir khatam, sungguh dahsyat.

Setelah dibaca lebih lanjut, ternyata Ahok mengaku membaca Al Quran terjemahan. Jadi dia membaca versi bahasa Indonesia, walaupun dia mengaku bisa sedikit-sedikit membaca Al Quran karena masa kecilnya di Belitung pernah belajar di sekolah Islam. Jadi penyebutan bahwa Ahok hampir khatam Al Quran tidak tepat. Bisa disimpulkan itu bahasa marketing yang secara sadar dikemas agar pembaca mempunyai impresi tertentu.

Yang tak kalah menarik Ahok juga mengaku sudah membaca surat Al Maidah, isinya menurutnya sangat baik. Gara-gara kepleset mengutip surat Al Maidah inilah Ahok terpaksa harus menjadi “santri” di rumah tahanan Brimob, Kelapa Dua, Depok. Dia dijatuhi hukuman selama dua tahun.