Zeng Wei Jian: Lima Tahun Sepak Terjang

Eramuslim.com – MAS Joko Widodo temannya Ahok. Jadi presiden setelah Menang tipis dari Letnan Jenderal Prabowo Subianto, orang yang paling berjasa membawanya ke pentas politik nasional. Taufik Kiemas tidak setuju Joko Widodo ditarik ke Jakarta.

Pengusaha Hashim Joyohadikusumo, adik Pak Prabowo, adalah pihak yang mendanai kampanye Joko Widodo melawan Foke di Pilgub Jakarta. Nominalnya tidak kurang 60 milyar.

Di debat #1 Pilpres 2019, Joko Widodo menyatakan tidak keluar dana saat Pilgub. Kredibilitas kuncinya. Netizen teriak, ya jelas ngga keluar duit. Lah wong Pak Hashim yang bayarin.

Kemenangan Joko Widodo di pilpres 2014 diselimuti kontroversi dugaan mal-praktek KPU sampai konspirasi global antara Barrack Obama dan Xi Jinping.

Penampilannya sederhana. Memikat. Lugu. Ndeso. Publik merasa belum pernah dipimpin presiden berkemeja putih lengan digulung. Tanpa jas dan dasi. “Blusukan” jadi trademarknya. Masuk gorong-gorong.

Plus antipati dan character assasination terhadap Orde Baru masi dimainkan aktifis progresif, liberal, sosialis palsu, leftist dan civil society.