Bantu Pemberontak Syiah Houthi, Iran Kirim 9 Kapal Perang Ke Perairan Teluk

Iranian_ship_050311211Eramuslim – Seorang pejabat tinggi militer AS mengungkapkan bahwa Iran telah mengirimkan 7 sampai 9 kapal perangnya menuju lepas pantai Yaman, seperti dikutip Yaman Press dari majalah The Hill Amerika Serikat.

Dalam pernyataan pejabat yang tidak mau disebutkan namanya kepada The Hill hari Sabtu (19/04) mengatakan, “Kami mendapati adanya laporan mengenai pergerakan sejumlah kapal Iran menuju wilayah Yaman dengan maksud tertentu.”

Pejabat tersebut melanjutkan, “Tidak dengan pergerakan diam-diam, kapal-kapal Iran malah sengaja berkomunikasi dengan armada laut AS dan kapal perang koalisi regional yang berada dikawasan perairan teluk.”

“Kami tidak mengetahui tujuan Iran mengirim kapal perangnya. Mungkin mereka ingin mengirimkan bantuan kepada pemberontak Syiah Houthi melalui kamuflase armada internasional, atau mengalihkan kami perhatian dari kapal Iran lainnya yang mungkin sedang mengarah ke Yaman dengan senjata dan perlengkapan militer untuk Houthi,” ujar pejabat tersebut.

Sementara itu surat kabar Al Arabi Jadid London mengungkapkan bahwa Iran memang berencana untuk menakut-nakuti Arab Saudi ditengah lemahnya angkatan bersenjata negara kaya minyak tersebut, agar mau mengurangi intensitas serangan kepada pemberontak Syiah Houthi.

Iran beranggapan bahwa Amerika saat ini tidak akan bertindak jauh dalam membela Saudi dan sekutu-sekutunya di kawasan Timur Tengah. (Dostor/Ram)