Hanif : Saya Berharap Seluruh Muslim Indonesia Shalat Berjamaah di Masjid

Beberapa waktu yang lalu Eramuslim pernah menurunkan berita tentang hasil karya anak bangsa yang ada di negeri orang, tepatnya di Sharjah Uni Emirat Arab.

Bangunan gedung tertinggi di Sharjah yang bernama Arab Pearl Tower ini dirancang oleh seorang anak muda asli Indonesia bernama Hanif.  Pria lajang kelahiran Surabaya tahun 1982 ini walaupun masih tergolong muda, tetapi telah bisa menoreh hasil karya yang di akui oleh negara lain.

Hari Jumat kemarin Eramuslim berkesempatan langsung mewawancarai tukang insinyur satu ini lewat online internet. Berikut wawancaranya.

Bagaimana ceritanya bisa menangani proyek Arab Pearl Tower ini?

Saya, Alhamdulillah atas rahmat Allah, kerja di konsultan yang menangani proyek tersebut. Dan mereka Assign desain strukturnya ke saya.

Menurut Anda, mengapa mereka memilih Anda untuk penanganan proyek tersebut?

Alhamdulillah atas rahmat Allah, insya Allah karena saya insinyur struktur di perusahaan tersebut dan, atas rahmat Allah, mereka percaya terhadap kemampuan saya dan track record desain struktur beberapa bangunan pencakar langit, ratusan struktur gudang baja, etc. Saya juga pernah memverifikasi desain struktur 26 lantai Sharjah Mall (yang luasnya hampir 4 kali lapangan bola). Di dalam proyek tersebut, Alhamdulillah, saya bisa membuktikan kemampuan teknik dan analisa saya dengan baik dengan memberikan beberapa rekomendasi desain.

Di samping itu saya, alhamdulillah, juga seorang lulusan Prancis (Ecole Centrale Paris adalah salah satu top engineering school di Prancis), anggota ASCE (American Society of Civil Engineers), dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Alhamdulillah, haadzaa min fadli rabbii.

Apa yang Anda rasakan ketika Anda mendapatkan proyek ini? Pernahkah terpikir Anda memasukan unsure Indonesia atau sesuatu apalah yang bisa mengingatkan orang bahwa ini adalah sebuah karya seorang anak Indonesia?

Yang saya desain adalah strukturalnya dan bukan arsitekturalnya.  Berbeda deg desain arsitektur yg lebih merupakan karya seni sehingga bisa memasukkan cita rasa eropa, arab, asia atau yang lain. Dalam desain struktur, yang paling diperhatikan adalah keamanan bangunan tersebut agar kuat menahan desain beban rencana, penghuninya merasa nyaman, dan ekonomis. Suatu bangunan terkadang sangat kuat sekali, tapi penghuninya merasa tidak nyaman.

Lho kok bisa? Bisa saja. Mungkin dikarenakan efek vibrasi atau resonansi dalam gedung tersebut. Misalnya di jembatan Millennium Inggris yang langsung ditutup begitu selesai grand opening karena banyak orang yang komplain dengan banyaknya noise akibat efek resonansi. Setelah melakukan penelitian, akhirnya mereka memasang damper (peredam getaran) di beberapa titik strukturalnya untuk mereduksi getaran. Dan di UAE sendiri, kami wajib memakai standar Amerika (ACI/UBC/IBC/AISC) atau Inggris (BS) untuk desain struktur. Sedangkan Indonesia banyak mengadopsi dari ACI untuk standar struktur beton dan AISC untuk standar struktur baja

ACI = American Concrete Institute UBC = Uniform building Code IBC = International building code AISC=american institute of steel construction BS = British Standard

Kendala apa yang Anda temukan dalam perencanaannya?

  1. Kendala waktu. Kami memiliki deadline yang harus dipenuhi
  2. Kendala desain arsitektural yang terkadang crash dh struktural. Kami harus bekerja sama dalam hal ini dan tidak boleh ada yang ingin menang sendiri, kalo nggak, bangunannya nggak jadi.

Apa misi dan visi Anda dalam membuat suatu karya desain arsitektur ini? Dan mungkin karya-karya Anda nanti lagi di masa mendatang?

Maaf, saya bukan arsitek. saya adalah insinyur struktur (structural engineer). Visi dan misi saya adalah membuat struktur bangunan yang kuat, ekonomis, serta layak huni apapun bentuk desain arsitekturalnya.

Jika boleh tahu, berapa Anda dibayar untuk proyek ini?

maaf, rahasia ya…

Tentang diri sendiri Bisa diceritakan sekelumit tentang kehidupan Anda?

Saya seorang muslim yang biasa saja. Tak jauh beda dengan muslim-muslim yang lain. Saya juga berusaha agar selalu shalat berjamaah di masjid, apalagi saya tinggal di Arab. Saya berharap suatu saat nanti, semua muslim di indonesia melakukan shalat berjamaah di masjid bersama imam dan bukan ikut jamaah ke 2,3, etc atau apalagi shalat sendirian.

Siapa yang paling berpengaruh dalam kehidupan Anda yang sekarang ini?

Orang tua dan kakak saya.

Apa rasanya bekerja di luar negeri dan mungkin jauh dari keluarga?

Ya, terkadang juga rindu dg orang tua saya.

Mengapa Anda tertarik pada dunia desain arsitektur?

Saya seorang insinyur struktur dan bukan arsitek. Memang banyak orang yang confuse membedakan antara desain struktur dengan arsitektur. Desain struktur sangat berhubungan dengan teknik sipil (civil engineering) yang mengutamakan safety of building sedangkan arsitektur lebih berhubungan dengan seni agar bangunan tersebut indah.

Apa yang biasanya Anda lakukan pada waktu senggang?

Chatting dg kakak saya yang di Inggris atau sekedar megikuti perkembangan indonesia via internet.(fq)