Cegah Pengungsi, Austria Berencana Dirikan Pagar Pembatas Sepanjang 400 Kilometer

pagar pembatasEramuslim – Menteri Pertahanan Austria, Hans Peter Doskozil, mengancam akan membangun pagar pembatas sepanjang 400 kilimeter dengan Hungaria, setelah dianggap gagal dalam kerjasama mencegah masuknya pencari suaka asal Timur Tengah dan Afrika.

Nada ancaman ini dikatakan Menhan Hans Peter Doskozil dalam wawancaranya dengan surat kabar De Bursa Austria yang terbit pada edisi hari Minggu (19/06) kemarin.

“Sudah saatnya negara-negara anggota Uni Eropa menerapkan Konvensi Dublin yang mengatur pemulangan pengungsi ke negara pertama masuk ke Uni Eropa, di mana mereka bertanggung jawab sebagai pihak penerima suaka,” ujar Menhan Hans Peter Doskozil.

Menhan Hans Peter Doskozil melanjutkan, “Banyak dari negara anggota Uni Eropa kini menolak kembalinya para pengungsi yang datang sesuai dengan Konvensi Dublin,” seraya menekankan bahwa pemerintah Austria telah berupaya keras dalam menemukan solusi untuk mengakhiri krisis pengungsi.

Disetujui pada Juni 1990 dan mulai berlaku pada bulan September 1997, Konvensi Dublin berisi aturan hukum yang dikembangkan oleh Uni Eropa untuk mengkoordinasikan secara bersama mengenai aplikasi pengungsi serta hak dan kewajiban negara penerima. (Anatolia/Ram)