Cina Rayu ASEAN Gunakan Mata Uang Yuan

Selama ini, greenback–sebutan untuk dolar AS–masih menjadi mata uang populer untuk pembayaran internasional, dengan pangsa pasar 45,6%. Sedangkan yuan hanya menyumbang 1,2% dari pangsa pasar uang dunia. Dan yen berada di angka 4,3% menurut catatan Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication.

Sementara itu, dengan penggunaan yen maka Jepang bisa meraup keuntungan komersial lebih besar. Saat ini, sekitar 45% ekspor Jepang ke negara-negara Asia dibayar dalam bentuk yen. Penggunaan mata uang lokal yang lebih luas dapat membantu perusahaan-perusahaan Jepang mengurangi risiko nilai tukar mata uang asing ketika melakukan bisnis di wilayah Asia.

Didirikan tahun 2000, Chiang Mai Initiative bertujuan untuk mencegah terulangnya krisis mata uang Asia di 1997. Dalam kerangka kerja ini, negara-negara yang berada dalam kesulitan keuangan dapat mengakses kumpulan dolar AS untuk dijual demi menopang kejatuhan mata uang mereka.

Dan strategi memasukkan mata uang Asia lainnya, juga bisa menambah lapisan ke jaring pengaman jika terjadi krisis. Negara-negara ASEAN sendiri telah membangun cadangan mata uang asing mereka sejak krisis 1997, namun hal tersebut belum berjalan maksimal.

Yen dan yuan sendiri telah masuk dalam perjanjian perdagangan di Asia. Dan dengan Chiang Mai Initiative ini akan semakin memberikan fleksibilitas lebih lanjut bagi kedua mata uang Asia ini.[]

(Sumber)


AKAN TERBIT… HOLLYWOOD UNDERCOVER, Eramuslim Edisi 3 Revisi. Mengurai gurita rahasia Zionisme dibalik tirai produksi Film2 Hollywood. Akan terbit insyaAllah ditanggal 25 Mei 2019. Harga PreOrder Rp 85.000/eks (belum tmsk ongkir) Pemesanan ke WA/SMS di 085811922988 dengan menyebutkan Nama pemesan, dan alamat kirimnya, agar kami bisa tawarkan. Pesan sgera agar kami catatkan pemesanannya… Wassalamu alaikum wr wb