Kemeriahan Peringatan Ulang Tahun Hamas ke-23

Hari Selasa kemarin (14/12), gerakan perlawanan Islam Hamas memperingati hari kelahirannya yang ke 23 sejak pertama kali didirikan oleh Syaikh Ahmad Yassin pada tahun 1987 silam.

Puluhan ribu (mungkin ratusan ribu) warga Gaza berkumpul di Gaza City lapangan Kateeba untuk turut memeriahkan peringatan kelahiran gerakan yang saat ini berkuasa di Jalur Gaza setelah memenangkan pemilu secara demokratis beberapa waktu lalu.


Media-media Israel dalam beberapa artikel mereka meragukan Hamas masih didukung oleh rakyat Gaza, bahkan mereka mengklaim bahwa popularitas Hamas saat ini semakin terpuruk. Namun faktanya, dalam peringatan ulang tahun Hamas ke-23, Hamas masih mampu seperti tahun-tahun sebelumnya mengumpulkan ribuan orang dalam satu tempat untuk memeriahkan acara peringatan ulang tahun kelahiran mereka.


Bahkan Perdana menteri Palestina dari Hamas, Ismail Haniyah dalam peringatan ulang tahun ke-23 Hamas menyatakan bahwa jika pemilihan umum berlangsung, masyarakat akan pergi mendukung Hamas di Tepi Barat maupun di Gaza dengan margin lebih besar dari pemilu terakhir, Haniyah juga melanjutkan dengan mengatakan dirinya kagum dengan banyaknya massa yang menghadiri peringatan ulang tahun Hamas.

(fq/imo)