Pemerintah Menutup Mata

Telah setahun Pemerintahan SBY-Boediono berjalan, namun perubahan apa yang telah dirasakan rakyat kebanyakan? Tidak jauh dari bandara Soekarno-Hatta, tepatnya di Desa Muara, Teluk Naga, Tangerang Banten, masih terlihat rakyat yang hidup di bawah garis kemiskinan. Tidak tersedianya air bersih, sehingga warga memanfaatkan air sungai yang begitu kotor untuk melakukan aktifitasnya sehari-hari termasuk mencuci beras untuk makan mereka.

Hal ini terlihat ketika kami dan rombongan *Pelatihan Menyusun Program Pendayagunaan Ekonomi Masyarakat Berbasis Komunitas *yang diselenggarakan Indonesia Magnificent of Zakat (IMZ) melakukan studi banding ke desa tersebut.

Berbeda dengan anggota dewan yang senangnya mengadakan studi banding ke luar negeri, namun tidak pernah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, kecuali untuk dirinya sendiri. Dengan tidak ada malunya anggota DPR  melakukan studi banding ke luar negeri, dan  dibiayai dari keringat rakyat ‘APBN’, yang jumlahnya setahun dianggarkan  Rp 107 miliar.

Inilah potret sebuah negeri yang dikelola oleh orang-orang yang tidak amanah, yang hanya mementingkan diri sendiri dan koleganya. (M. Zakir Salmun)