Halal in Japan: Pocky Mengandung Lemak Babi

pockyEramuslim.com – Pocky, biskuit asal Jepang berbentuk seperti lidi yang diselubungi coklat aneka warna dan rasa, ternyata mengandung babi. Ummat Islam sebaiknya berhati-hati dan pastikan kehalalan produk Glico tersebut. Demikian review singkat dari Halal in Japan (HJ) pada Rabu (18/3).

Banyak orang tertarik untuk membeli Pocky sebagai suvenir dari Jepang, bahkan orang Jepang sendiri sangat menyukainya. Sayangnya, Pocky (ポッキ), snack Jepang buatan Ezaki Glico ini mengandung bahan haram pada lapisan coklatnya. Snack yang telah dijual sejak 1966 ini dikonfirmasi keharamannya oleh perusahaan Glico kepada HJ pada Rabu (17/3).

HJ mengatakan bahwa, “Kami telah mengonfirmasi melalui telepon secara langsung kepada perusahaan [Glico] pada Rabu (17/03/2015) mengenai emulsifier yang mereka gunakan. Dan jawabannya, mereka menggunakan emulsifier dari bahan hewani dan bagian hewani berupa lemak babi (lard, dsb) yang diambil dari babi dan hewan lainnya.” Dengan demikian, HJ menganjurkan konsumen agar berhati-hati dan mengabarkan informasi ini kepada kaum Muslimin.

“Dan jika Anda melihat Pocky di negara anda, tolong perhatikan dan periksa apakah Glico telah bersertifikat halal atau tidak,” pungkas HJ. (rz)