Mujahidin Suriah Bersatu Bentuk “Suriah Islamic Authority”

mujahidin-suriahEramuslim – Di tengah kekalahan di kota Aleppo, faksi-faksi mujahidin dilaporkan bersatu membentuk Suriah Islamic Authority yang dimotori faksi Fath Syam dan Ahrar al-Syam, seperti dilansir media-media Suriah dalam terbitannya hari Minggu (18/12).

Seperti dilansir surat kabar Middle East dari sumber mujahidin Suriah mengatakan, “Setelah pertemuan intensif faksi-faksi perjuangan Suriah, kami menyepakati untuk mengakhiri perbedaan 14 faksi dan brigade perjuangan dan mendeklarasikan berdirinya entitas baru di wilayah utara Suriah.”

Sumber yang minta dirahasiakan namanya melanjutkan, “Suriah Islamic Authority atau Daulah Nasyiah adalah nama yang disetujui dengan pemimpin umumnya adalah General Abu Ammar Taftanaz (komandan Ahrar al-Sham) dan komandan militer Abu Mohammed Joulani (Fatah komandan al-Sham). Sedangkan Ketua Dewan Syura adalah Tawfiq Shahabuddin (Komandan Brigade Zanki).”

Di sisi lain Dewan Keamanan PBB dikabarkan tengah membahas rancangan resolusi pengiriman pengamat internasional ke Suriah untuk mengawasi evakusai warga sipil dari kota Aleppo. (Dwarabic/Ram)