free hit counters
 

Bazar Makanan khas Indonesia Ramaikan Temu Muslim Indonesia di Britania Raya

Al Furqan – Kamis, 19 Zulqa'dah 1431 H / 28 Oktober 2010 15:59 WIB

Sate Padang, salah satu stand bazaar dalam Kibar Autumn Gathering 2010 (Doc. Endarko)Newcastle, 26 Oktober 2010
Bazar makanan khas Indonesia menghiasi kegiatan Kibar Atumn Gathering 2010 (KAG-2010). Acara KAG-2010 ini diselenggarakan oleh Keluarga Islam Indonesia Britania Raya (KIBAR) yang merupakan sebuah organisasi yang menghimpun berbagai kelompok pengajian di seluruh kota di Britania Raya. Bazar itu sendiri merupakan kegiatan penutup dalam rangkaian kegiatan KAG-2010.

Diantara jenis makanan yang disediakan dalam bazaar tersebut adalah sate Padang, Bakso, rending Padang, lontong gulai, dan berbagai jenis bahan makanan kering yang popular di Indonesia. Bazar makanan ini merupakan salah satu kegiatan yang ditunggu-tunggu oleh para peserta gathering karena jarang-jarang bias menikmati hidangan khas Indonesia di Inggris ini.

Tidak sampai satu jam bazar dibuka, makanan khas Indonesia tersebut sudah ludes diserbu pembeli yang juga adalah peserta gathering itu sendiri. Para peserta mengaku puas dapat mencicipi makanan tersebut. Beberapa peserta malahan memesan makanan tersebut dalam jumlah besar utuk dibawa pulang.

Menurut Yosritzal, Ketua Kibar periode 2010-2011, Kegiatan Kibar Gathering ini merupakan kegiatan rutin Kibar yang dilaksanakan dua kali dalam setahun yaitu pada saat Autumn dan pada saat Spring. Pelaksanaannya dilakukan secara bergiliran dari satu kota ke kota lainnya di Inggris. Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk menjalin silaturrahim diantara warga muslim Indonesia di Inggris sambil menimba ilmu dari nara sumber yang dihadirkan panitia.

Kibar Gathering kali ini diadakan di Newcastle upon Tyne, sebuah Kota yang terletak di pinggir sungai Tyne, bagian Utara Inggris pada tanggal 23-24 Oktober kemaren. Acara tersebut dihadiri oleh sekitar 200-an warga Muslim Indonesia dari berbagai Kota di Inggris Raya seperti London, Bristol, Nottingham, Manchester, Birmingham, Sheffield, Aberdeen, Glasgow, York, Durham dan lain sebagainya. (Ritzal405)

Artikel ini ditulis oleh Yosritzal yang merupakan Dosen Universitas Andalas yang saat ini sedang menmpuh study S3 di Newcastle University. Saat ini sedang diamanahi Jabatan sebagai Ketua Keluarga Islam Indonesia di Britania Raya (Kibar) 2010-2011.

Info Umat Terbaru

blog comments powered by Disqus