Puncak Acara Indonesia Day di Jepang, Pagelaran Seni-Budaya Untukmu Indonesia

Kurang lebih 200 orang pengunjung memenuhi Large Meeting Room lantai 12 gedung Bunka Kaikan Tazukuri Chofu, Tokyo pada Ahad 29 Maret lalu. Pagelaran seni budaya Indonesia sebagai puncak acara Indonesia Day ini selain menjadi ajang silaturrahmi anak-anak bangsa di negeri Sakura juga bertujuan memperkenalkan Indonesia kepada masyarakat Jepang.

Semenjak dibukanya acara, nampak di deretan bangku penonton orang-orang Jepang yang khidmat mengikuti setiap pertunjukan. Disamping penjelasan dalam bahasa dua bahasa oleh pembawa acara di setiap pertunjukkan, pada beberapa acara seperti talk-show dilakukan alih bahasa secara langsung. Ketua PIP-PKS Jepang, Dr. Muhammad Itqon dalam sambutannya bahkan mengajak mereka merasakan untuk sehari menjadi "Orang Indonesia". Di samping pertunjukan seni yang dapat mereka nikmati, santapan khas Indonesia juga disajikan untuk makan siang.

Di panggung acara, ditampilkan Tari Warok Reog, Tari Padupa, Angklung, Tari Piring, Dongeng Anak Indonesia, dua pentas Pencak Silat dan Tari Saman. Panitia juga menjadwalkan sesi menyanyikan lagu kebangsaan Indonsia Raya bersama-sama, yang ternyata menurut seorang peserta yang hadir telah menggugah kerinduan kepada tanah air sehingga hampir menitikkan air mata. Beberapa peserta yang hadir mengungkapkan kepada panitia agar acara seperti ini secara rutin diselenggarakan.

Bukan pada acara puncak saja, bazaar, turnamen bowling dan futsal yang sampai sehari sebelumnya diselenggarakan diikuti oleh banyak peserta secara antusias. "Di tengah hiruk pikuk kampanye, Sesuai dengan tema Untukmu Indonesia, PIP-PKS Jepang ingin mengingatkan segenap komponen bgs bahwa pemilu ini hendaknya dipahami sebagai sebuah sarana menuju indonesia yang lebih baik. Gesekan-gesekan akibat dari dukung-mendukung harus dihindari.Untuk itu duduk bersama bertemu muka adalah cara yang efektif.

Itulah tujuan utama diadakannya rangkaian acara indonesia day kali ini, dan ahamdulillah, dilihat dari jumlah peserta yang begitu banyak di setiap kegiatan, juga komentar dari para peserta saya melihat acara ini sudah mencapai sasaran yg dinginkan." Demikian ungkap Surya Irawan Sukma yang kali ini menjadi Ketua Panitia Indonesia Day. (Humas PIP-PKS Jepang)