Infografik Pengungsi Suriah

tenda2 pengungsi suriahEramuslim – Komisaris Tinggi badan PBB untuk urusan Pengungsi (UNHCR), Antonio Guterres, menyatakan bahwa hingga pertengahan bulan Juli 2015 pengungsi Suriah di negara-negara tetangga telah mencapai lebih dari 4 juta orang.

Dalam laporannya pada hari Kamis (09/07) kemarin, Antonio Guterres menyatakan bahwa Turki, Lebanon, Jordan, dan Irak menjadi 4 negara teratas yang menampung warga Suriah yang mengungsi akibat perang saudara sejak tahun 2011 lalu.

Antonio Guterres menambahkan, “Sedangkan untuk pengungsi Suriah di dalam negeri mencapai 7,6 juta orang, dan 270 ribu lainnya dalam proses meminta suaka ke negara-negara Eropa.”

Berikut infografik yang dikeluarkan UNHCR mengenai penyebaran pengungsi asal Suriah;

1. Turki, menampung sekitar 1,8 juta pengungsi Suriah.

UNHCR memuji sikap pemerintah Erdogan yang mau membiayai 80% kebutuhan hidup pengungsi Suriah melalui APBN dalam negeri tanpa menunggu bantuan dari PBB ataupun negara donor.

2. Lebanon, menampung sekitar 1,172,753 pengungsi.

Pemerintah Lebanon kini berencana menutup pintu arus pengungsi Suriah setelah menyatakan tidak mampu lagi menampung mereka. Ini dikarenakan Lebanon telah terlebih dahulu menampung pengungsi Palestina yang di usir penjajah Zionis Israel dari tanah kelahiran mereka.

Selain itu UNHCR juga mencatat bahwa 55% pengungsi di negara ini berada di bawah garis kemiskinan.

3. Jordania, menampung sekitar 629,128 pengungsi.

UNHCR mencatat bahwa 86% pengungsi Suriah di negara ini hidup di bawah garis kemiskinan dengan rata-rata menghabiskan 3,2 dolar AS perharinya.

4. Irak, menampung sekitar 249,726 pengungsi.

Para pengungsi Suriah yang lari ke negara kaya minyak ini untuk mencari tempat aman dari perang justru kini kembali terancam setelah gejolak dalam negeri yang melanda Irak.

Sikap diskriminatif pemerintah Syiah Irak yang sebelumnya dipimpin PM Nouri Al Maliki kepada golongan Sunni pasca lengsernya Saddam Hussein menjadi pemicu konflik sekterian yang kini muncul di Irak.

5. Mesir, menampung sekitar 132,375 pengungsi.

Mungkin diantara 5 negara atas Mesir menjadi negara terbaik dari segi keamanan bagi para pengungsi Suriah.

Akan tetapi krisis ekonomi yang melanda Mesir menjadikan para pengungsi Suriah cemas akan kehidupan ekonomi mereka. (Rassd/Ram)

Berikut infografik tersebut;

infografik pengungsi suriah