Jerman Akan Kirim 1.200 Tentara ke Suriah Untuk Hadapi IS

germanEramuslim.com – Pemerintah Jerman berencana mengirim 1.200 serdadunya untuk membantu pasukan koalisi melawan ISIS. Rencananya pengiriman bakal dilakukan pada akhir tahun ini.

Pengiriman kekuatan militer Jerman menyerang ISIS dikeluarkan setelah Kanselir Angela Merkel berjanji membantu Presiden Prancis Francois Hollande, untuk melawan kelompok teror tersebut pasca tragedi Paris.

Kepala Tentara Jerman Volker Wieker mengatakan rencana pengiriman pasukan masih harus mendapatkan persetujuan dari parlemen. Sebab sebenarnya, masyarakat Jerman sendiri tak terlalu suka dengan rencana pengiriman serdadu mereka untuk berperang.

Selama ini, pengiriman kekuatan militer Jerman haanya ditujukan untuk misi perdamaian. Hal itu disebabkan lantaran masih adanya trauma masa lalu saat Nazi berkuasa.

“Kapal induk Jerman akan dikerahkan untuk membantu kapal induk Prancis, Charles de Gaulle. Dari sisi militer, jumlah 1.200 tentara sudah cukup memadai,” ujar Wieker, seperti dilansir dari kantor berita, Reuters.

Pria 61 tahun itu berharap parlemen akan menyetujui rencana pengiriman dan dia dapat menerima mandat tersebut sebelum akhir tahun ini. (ts/cnn)