Kapten Jack Sparrow Seorang Muslim, Benarkah ?

Eramuslim – Pernah menonton film Pirates of the Caribbean, dengan Jack Sparrow sebagai tokoh utamanya? Tingkahnya yang lucu, aneh dan tak bisa ditebak, membuat kita penasaran dengan aksi-aksi yang akan dia lakukan. Akan tetapi Tahukah Anda jika Jack Sparrow itu seorang Muslim?

Jack Sparrow, kisah karakter paling sukses dalam perfilman Hollywood ternyata didasarkan pada kehidupan nyata bajak laut Muslim dari abad ke-17 Masehi.

Seperti diulas oleh Creative Ummah, the real Jack Sparrow sebenarnya bernama John Ward yang berlayar di bawah bendera “olde salty sea dog” kepunyaan Jack Ward, yang dikenal dengan Birdy. Dia awalnya adalah seorang nelayan dari Inggris Tenggara, tetapi menjadi privateer pada tahun 1588 setelah Armada Spanyol menggagalkan invasi Inggris. Apa sih privateer itu?

Sebagai privateer muda Jack secara legal diizinkan untuk menjarah kapal-kapal Spanyol, dan mengambil apa pun yang ia inginkan dari mereka, kapanpun dia menginginkannya. Dia adalah seorang bajak laut resmi negara, ia bahkan memiliki lisensi perampok resmi dari Ratu Elizabeth pertama. Itu yang disebut dengan pembajak mewah.