Menlu Inggris: Kami Tidak Tertarik Gulingkan Bashar Al Assad

Philip HammondEramuslim – Menteri Luar Negeri Inggris, Philip Hammond, menegaskan bahwa negaranya tidak berniat untuk menggulingkan rezim Bashar Al Assad di Suriah, akan tetapi lebih tertarik untuk menghabisi pejuang Negara Islam di negara tersebut.

Pernyataan ini diungkapkan Philip Hammond dalam pertemuan dengan parlemen Inggris di ibukota London pada hari Selasa (21/07) kemarin.

“Menghabisi organisasi pejuang Negara Islam lebih penting daripada menggulingkan Bashar Al Assad dari kursi kepresidenan,” ujar Philip Hammond di hadapan anggota Parlemen Inggris.

Philip Hammond melanjutkan, “Pengerahan pasukan Barat untuk menjatuhkan Bashar Al Assad tidak akan membawa solusi untuk Suriah. Kami ingin adanya proses transisi politik yang jujur dan adil melalui pemerintah sah serta didukung oleh semua kelompok moderat sebagai jalan keluar di Suriah.”

Menurutnya Barat tidak akan mendapatkan hasil yang diinginkan jika rezim Assad runtuh dari tampuk kekuasaan. “Dan perubahan proses politik oleh kelompok-kelompok moderat adalah salah satu kunci bagi masa depan Suriah,” ujar Hammond.

Sementara itu ketika ditanya mengenai efektivitas serangan udara Inggris di Suriah dan Irak, Menlu Inggris asal Partai Konservatif ini menekankan bahwa serangan tersebut tidak akan dapat menghilangkan Daash, akan tetapi cukup melemahkan kemampuan militer organisasi mereka. (Anadolu/Ram)