Amien Rais: Sudirman Said Berani Perpanjang Freeport Karena Ada Cukong Dibelakangnya

sudirman saidEramuslim.com – Mantan Ketua MPR RI, Amien Rais, menyebut Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Sudirman Said, bekerja untuk kepentingan cukong alais pengusaha migas.

Amien Rais menyatakan itu berdasar surat Sudirman Said kepada bos Freeport McMoran, James R. Moffet, pada tanggal 7 Oktober 2015. Surat itu berisi jaminan Sudirman kepada Freeport Indonesia untuk perpanjangan kontrak karya dan perubahan regulasi sesuai keinginan Freeport.
“Surat misteri dan luar biasa, Sudirman Said kan hanya menteri, seolah-olah kemudian mengaku akan bisa memperpanjang Freport sebelum waktunya (tahun 2019 sesuai UU). Saya kira ini sebuah kewenangan di luar batas dia,” kata pendiri Partai Amanat Nasional ini.
Amien menduga Sudirman Said bisa begitu berani memberi jaminan kepada Freeport karena sang menteri bekerja untuk kepentingan cukong. Dia berharap agar cukong di balik Sudirman ditemukan agar semua masalah menjadi jelas.
“Mengapa Sudirman Said kok berani seperti itu? Pasti ada cukongnya,” tegas Amien.
“Mari kita cari cukong Sudirman Said itu. Siapa yang menyuruh itu, dia tidak berdiri sendiri. Kalau semua itu jelas, insya Allah maka kita bisa bernapas panjang,” lanjut Amien. (ts/RMOL)