Anies Duluan Panen Padi BUMD DKI di Cilacap, Apa Kabar Lumbung Pangan Pemerintah?

Eramuslim.com – Di saat Pemerintah Pusat memiliki program lumbung pangan di sejumlah daerah di Indonesia, ternyata Pemprov DKI Jakarta juga punya program yang sama. Bahkan program ini berjalan lebih dulu ketimbang Lumbung Pangan.

Pada hari ini, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menghadiri panen padi milik BUMD DKI Jakarta, Food Station Tjipinang Jaya (Food Station), di sawah yang berlokasi di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Produksi padi tersebut dihasilkan dari kerja sama contract farming, antara Food Station dengan kelompok tani di Cilacap.

Dalam kesempatan tersebut, Anies menyatakan, kerja sama ini merupakan bentuk kolaborasi Jakarta dengan daerah, sebagai upaya ibu kota membangun ketahanan pangan.

“Kita kerja sama ke daerah supaya geliat perekonomian di Jakarta itu juga dirasakan manfaatnya di berbagai daerah,” kata Anies Baswedan, Jumat (16/4).

Kerja sama contract farming antara Food Station dengan Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) Sumber Makmur Cilacap, sudah dijalin sejak 2018 silam. Luas areal sawah yang dikembangkan awalnya 250 hektare, kemudian terus bertambah secara bertahap, hingga pada 2020 jadi seluas 850 hektare. Pada 2021, luas sawah yang dikerjasamakan diharapkan bisa mencapai 1.000 hektare.