Gus Nur Siap Dukung Anies, Asalkan Ini…

eramuslim.com – Penceramah Sugi Nur Raharja atau yang lebih akrab disapa Gus Nur baru-baru ini membicarakan soal Anies Baswedan. Adapun hal tersebut terkait sang Gubernur DKI Jakarta itu yang banyak digadang-gadang menjadi presiden selanjutnya setelah Joko Widodo alias Jokowi.

Nah, dengan tegas Gus Nur mengaku siap memberikan waktu, harta, hingga nyawanya demi Anies asalkan yang bersangkutan tetap di jalan yang benar.

Itu karena menurutnya, sistem yang ada sekarang sudah rusak sehingga ia pun bilang jangan berharap kepada Anies Baswedan. Ia sendiri bahkan mengatakan tak yakin ada yang bisa melawan sistem oligarki yang terjadi di sistem politik ekonomi Indonesia saat ini.

Kendati demikian, dalam sebuah kajian di Purbalingga, ia berpesan kepada jemaah bahwa sebenarnya tak mengapa berharap pada Anies Baswedan sebagai calon presiden. Namun, Gus Nur mengingatkan, pastikan dulu di belakang Anies tak ada beking oligarki, beking cukong, dan bandar politik yang transaksional.

Makanya, Gus Nur menegaskan, andai ia dimintai tolong Anies secara langsung untuk menyukseskannya jadi presiden, ia tidak akan langsung mengiakan.

“Maka saya akan jawab, ‘Pak Anies, saya ndak butuh uangnya sampeyan, harta sampeyan, pokoknya saya enggak butuh,” tuturnya, dikutip terkini.id dari kanal Youtube Gus Nur 13 Official via Hops pada Selasa, 15 Maret 2022.