Bagian Pendidikan Karakter, Mulai Tahun Ajaran Baru Siswa/1 SMA di Purwakarta Puasa Senin-Kamis

5koouzr6_400x400Eramuslim.com – Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi mengimbau seluruh sekolah tingkat SMA/MA sederajat untuk melaksanakan puasa Senin-Kamis di tahun ajaran baru 2015-2016.
“Kelas satu SMA diimbau untuk puasa Senin-Kamis. Ini suatu langkah juga menerapkan pendidikan berkarakter,” ujar Dedi seperti diberitakanRMOLJabar (12/5).
Imbauan ini akan masuk dalam kurikulum sekolah dan peraturan bupati. “Harus masuk kurikulum. Agar murid pun berakhlak mulia,” tegasnya. Selain muridnya, guru-gurunya pun harus ikut berpuasa. “Ya gurunya pun harus puasa. Supaya jadi contoh bagi muridnya,” terang Dedi.
Puasa Senin-Kamis adalah jenis puasa yang sering diamalkan Nabi Muhammad SAW, para sahabatnya, dan tentu menjadi tradisi bagi umatnya. Realitas membuktikan bahwa puasa itu telah sukses mengubah kondisi-kondisi manusia dari ketidakbaikan kepada kebaikan. Puasa itu juga telah mengubah kepribadian yang kumuh menjadi cantik dan menawan.
“Hal-hal yang baik harus dibiasakan. Supaya anak muda Purwakarta punya kepribadian yang baik,” tukasnya.
Selain implementasi pendidikan berkarakter dengan kreativitas yang menekankan muridnya untuk belajar atau bersekolah dengan cara yang ril. Secara tidak langsung Bupati Dedi pun mengajarkan pelajar di Purwakarta untuk melaksanakan ritual yang bermanfaat.(rz)