Banyak Pabrik Tutup dan PHK MAssal, Menteri Darmin: Tenang, Ekonomi Masih Sehat

Eramuslim.com – Menko Perekonomian Darmin Nasution terlihat adem ayem meski sejumlah industri asing di tanah air mulai berguguran. Lho kok bisa?
Kata Menko Darmin, tutupnya sejumlah industri beberapa hari belakangan, tidak akan berdampak kepada perekonomian nasional. “Yah enggalah, ekonomi kita masih baik,” singkat Darmin di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, akhir pekan ini.
Darmin meyakinkan, pabrik-pabrik yang tutup itu, hanyalah pabrik yang kalah bersaing. Jadi, tidak perlu dianggap serius karena tidak berdampak besar terhadap roda perekonomian nasional.
Kata mantan Gubernur BI ini, tidak ada kaitan antara pertumbuhan ekonomi dengan tidak beroperasinya sejumlah industri ataupun PHK (Pemutusan Hubungan Kerja). “Jadi tidak aneh kalau ada perusahaan yang kesulitan bersaing. Tapi ada yang di restrukturisasi dan ada yang tutup, itu yang harus dibedakan,” papar Darmin.
Sekadar mengingatkan lagi, dua perusahaan raksasa elektronik asal Jepang yang beroperasi di Indonesia, yakni Panasonic dan Toshiba memutuskan untuk menghentikan oprasinya.
Sebelummnya, perusahaan otomotif asal Amerika Serikat yakni PT Ford Motor Indonesia (FMI) sudah lebih dahulu gulung tikar. Demikian pula PT Chevron Pasific Indonesia (CPI), industri migas terbesar di Indonesia, ancang-ancang bakal menghentikan sejumlah kegiatan bisnisnya. (ts/inilah)