Banyak Warga Jadi Korban Penipuan Program Sejuta Rumah Jokowi

“Kita  risih, banyak yang klaim rumah ini lebih dari satu orang, padahal kalau kita sudah punya bukti kan, ada di suratnya blok dan nomor rumah,” kata Cucu Purnama Alam, penghuni pertama komplek rumah.

Pengembang nakal makan korban di 2 provinsi

Tak hanya Maryana dan Agustina, setidaknya ada ratusan korban penipuan yang dilakukan pengembang PT Cakrawala Karya Kinakas. Lahan proyek milik pengembang yang berkantor di Tangerang Selatan tersebut statusnya tidak jelas.

Meski bangunan sudah didirikan namun para pemilik tanah mengaku belum dibayar pengembang. Kasus ini ditangani Polresta Tangerang Selatan berdasar pengaduan 185 orang korban dari wilayah Kabupaten Bogor, Tangerang Selatan hingga Serang.

“Tanahnya masih milik masyarakat sana yang dijanjikan akan segera dilunasi pembayarannya kalau rumah sudah laku. Tetapi pengakuan dari warga belum dibayarkan,” ujar Kapolres Tangerang Selatan, AKBP Ferdy Irawan.

Pengembang yang berdiri sejak 2015 ini tercatat di sistem informasi rekanan Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR). Anehnya tidak terdaftar sebagai anggota Apersi.

“Kita tidak ada (nama pengembang tersebut), mungkin dia salah satu yang mengatasnamakan Kementerian PUPR, bisa saja izinnya palsu, modusnya penipuan. Tidak ada kerjasama dengan kita,” ungkap Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid.

“Kita belum pernah (dengar nama pengembang), sampai detik ini setahu saya untuk yang bermasalah kurang di kami, satu dua kasus mungkin belum kedengaran, tapi fakta di lapangan aman-aman saja,” kata Wakil Ketua Umum Apersi, Yoyok Adi Sutrisno. [medcom]

Selain itu beredar luas di medsos video testimoni beberapa warga dari berbagai daerah yang mengaku jadi korban penipuan program rumah bersubsidi Jokowi[kl/glr]