Beban Berat Jokowi Hadapi Debat Kedua Capres

Kedua, walaupun saham Freeport McMoran Inc di PT Freeport Indonesia turun ke 48,76 persen, 81,28 persen keuntungan PT Freeport Indonesia sampai 2022 tetap untuk Freeport McMoran Inc.

Ketiga, Freeport McMoran Inc tetap memiliki kendali operasional atas PT Freeport Indonesia.

Keempat, biaya pembuatan smelter senilai 3 miliar dolar AS yang diwajibkan oleh Pemerintah dibebankan sesuai kepemilikan, yaitu 51,24 persen biaya dibayarkan PT Inalum.

Dari tiga bidang yakni pangan, infrastruktur, dan sumber daya alam, Jokowi tidak bisa membuktikan keberhasilannya. Dua bidang lainnya yakni lingkungan dan energi kinerja pemerintahan Jokowi juga tidak bisa dibilang baik.

Dengan fakta-fakta itu Prabowo sesungguhnya tidak perlu bekerja keras. Dia cukup bermodal pertanyaan, apa janji Jokowi dan sekarang apa hasilnya?
Sebaiknya Prabowo juga membawa kliping media tentang janji-janjinya pada Pilpres 2014.

Berdasarkan pengalaman, Jokowi kelihatannya sering lupa pada hal-hal yang sangat besar. Pada debat pertama Jokowi mengaku tak pernah mengeluarkan biaya untuk mendapatkan jabatan politik. Mulai sejak menjadi walikota Solo, gubernur DKI Jakarta, sampai menjadi  presiden RI.

Jokowi berani menyatakan itu didepan Prabowo, dan adiknya Hasyim Djojohadikusumo. Padahal keduanya merupakan orang yang membawanya dari Solo dan membiayai kampanyenya sebagai Gubernur DKI. (rmol)

OLEH: HERSUBENO ARIEF
Penulis adalah pemerhati ruang publik. Artikel ini dikirim untuk Kantor Berita Politik RMOL