Bobotoh Viking Dukung Jokowi-Maruf Hoax, Pemikir Islam: Yang Hoax Harus Ditindak!

Eramuslim.com – Melalui situs resmi vikingpersib.co.id, organisasi supporter pendukung Persib Bandung, Viking Persib Club (VPC), membantah klaim bahwa Viking mendukung capres/cawapres Joko Widodo-Ma’ruf Amin di Pilpres 2019.

“Bersama ini kami informasikan kepada Distrik-distrik, para anggota VPC dan Bobotoh pada umumya, bahwa VIKING PERSIB CLUB selama ini tidak pernah mendeklarasikan dukungan kepada Capres maupun Cawapres pada Pemilu 2019 mendatang,” demikian salah satu point klarifikasi VPC.

Klarifikasi itu sekaligus membantah klaim sejumlah pengurus Viking Persib Club yang menyatakan mendukung Jokowi-Ma’ruf. Pengurus VPC dan Brotherhood Bandung dikabarkan bertemu cawapres Ma’ruf Amin di kediamannya di Jalan Situbondo Nomor 12, Menteng, Jakarta (02/01).

Seperti dikutip pikiran-rakyat.com (02/01),  usai pertemuan itu, Ma’ruf Amin  dan Boboy Yudha, perwakilan dari Brotherhood Bandung memberikan pernyataan pers bersama. Boboy mengatakan, kehadirannya bersama pengurus Viking Persib Club adalah untuk mendukung psangan Jokowi-Ma’ruf Amin. Bahkan Viking Persib Club juga dikatakannya telah membuat komunitas untuk mendukung Jokowi-Ma’ruf Amin bernama “Bobotoh Untuk Jokowi”.

Komunikator Partai Demokrat Cipta Panca Laksana menyesalkan kabar hoax soal Bobotoh mendukung Jokowi-Maruf. Panca menegaskan bahwa politik harus dijauhkan dari dunia sepakbola.

“Baca komen-komen politisi yang ngaku Bobotoh dukung Maaruf Amien, jadi blunder. Orang tua dibohongin aja. Kick politics out of football,” tegas Panca di akun Twitter @panca66.

Pemikir Islam Iwan Januar turut mengomentari pernyataan sikap VPC. “Nah yang HOAX harus ditindak. #HijrahPeradaban,” tulis Iwan di akun Twitter @iwanjanuarcom mengomentari tulisan bertajuk “Viking Tegaskan Tidak Dukung Salah Satu Capres di Pemilu 2019”.

Berdasarkan DCT (daftar calon tetap) Pileg 2019 Kota Bandung, Ketua VPC Heru Joko tercatat sebagai Caleg dari Partai Nasdem dengan nomor urut 4.