free hit counters
 

Bogor Bangun 99 Miniatur Masjid Dunia di Kaki Gunung Halimun

zahid – Senin, 4 Jumadil Awwal 1439 H / 22 Januari 2018 17:00 WIB

Eramuslim – Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Bogor mengungkap rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor yang akan membangun 99 miniatur masjid dunia di Bukit Pasir Gocap, Desa Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya, Bogor, mulai tahun 2019 mendatang.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor Ade Ruhandi, mengatakan, selain masjid, di lokasi tersebut juga akan dibangun beberapa fasilitas lain. “Termasuk rumah sakit hingga universitas bertaraf internasional,” ujarnya ketika meninjau lokasi, Sabtu (20/1).

Sebanyak 99 replika masjid dari 26 negara akan dibangun di area yang berada di kaki Gunung Halimun dengan luasan mencapai 215 hektare. Sebelumnya, pada zaman Orde Baru, lahan tersebut merupakan perkebunan cengkeh.

Sebagai langkah awal, beberapa utusan serta ulama dari berbagai negara telah melakukan peninjauan lokasi. Di antaranya, dari Suriah, Iran, Tiongkok, Tunisia, Rusia dan Maroko.

Terkait lokasi, Ade mengatakan, masyarakat sudah menyampaikan persetujuannya, begitupun dengan Pemerintah Pusat. “Pak Wakil Gubernur Deddy Mizwar juga telah datang meninjau lokasi,” ucapnya.

Rencana awal, Pemkab Bogor tidak menentukan area itu sebagai lokasi pembangunan, melainkan di kawasan timur Kabupaten Bogor. Bahkan, lahan seluas 200 hektar telah tersedia dan termasuk laik untuk dimanfaatkan sebagai lokasi pembangunan replika masjid.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

loading...

Berita Nasional Terbaru

blog comments powered by Disqus