BSSN: Bjorka Bocorkan Sejumlah Data Valid

eramuslim.com  – Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Hinsa Siburian mengungkapkan bahwa ada sejumlah data valid yang telah dibocorkan peretas atau hacker Bjorka. BSSN, kata Hinsa Siburian, menemukan bahwa ada aejumlah data informasi yang dibocorkan Bjorka memang valid namun tidak semuanya.

“Saya tidak katakan semuanya tidak valid, ada juga yang valid,” kata Hinsa di kantor BSSN, dikutip dari detikcom, Selasa 13 September 2022.

Kendati demikian, Hinsa tidak membeberkan secara spesifik data valid apa saja yang dibocorkan hacker Bjorka.

“Kita mengikuti dinamika perkembangan. Kita melaksanakan validasi dan kita juga punya forensik di BSSN ini ada. Sekilas pun kita bisa lihat klasifikasi data ini bagaimana. Setelah ditelisik ternyata ada data yang berulang,” jelasnya.

Hinsa pun menjelaskan, sebuah data memiliki klasifikasi tertentu dan masanya. Hal itulah yang membuat BSSN berkoordinasi dengan pihak-pihak bersangkutan yang memiliki data tersebut.

“Mereka evaluasi sistemnya karena sebagian juga tidak merasa kehilangan data atau mereka tidak tahu. Koordinasi sangat perlu dan tim kita dengan mereka,” tuturnya.