Cegah COVID-19, Muhammadiyah Imbau Jamaah yang Sakit Tidak Salat ke Masjid

Eramuslim – PIMPINAN Pusat (PP) Muhammadiyah mengimbau kepada seluruh masjid dan musala, agar selalu menjaga kebersihan demi mencegah penularan virus korona (COVID-19) yang sudah menjangkit Indonesia.

Ketua Muhammadiyah Disaster Manajemen Center, Budi Setyawan mengatakan, langkah yang digunakan PP Muhammadiyah adalah mengedukasi dan mengoptimalkan peran takmir masjid dan musala terkait dengan penularan COVID-19.

“Beberapa edukasi untuk jamaah adalah dengan membiasakan membawa sajadah sendiri, meyempurnakan cuci tangan sesuai dengan prosedur selain menyempurnakan wudhu, dan menyarankan jamaah yang sakit tidak berjamaah ke masjid dahulu,” katanya kepada Okezone di kantor PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (10/3/2020).

Selain mengimbau untuk membiasakan diri membawa sajadah sendiri ketikah hendak salat berjamaah di masjid atau musala, para jamaah pun disarankan mencuci tangannya lebih dulu dengan sabun atau sanitizer sebelum berwudhu.

“Di masjid-masjid Muhammadiyah sudah tersedia sabun dan sanitizer untuk para jamaah. Bukan hanya di masjid musala Muhammadiyah saja, di seluruh masjid juga. Jadi sebelum wudhu jamaah cuci tangan dulu menggunakan sabun, karena ketika wudhu dia kan menyentuh wajahnya yang merupakan salah satu area paling sensitif tertularnya virus korona,” tuturnya.

Sebelumnya hal serupa juga dilakukan Dewan Masjid Indonesia (DMI) telah melakukan penyemproton cairan disinfektan di sejumlah masjid Jakarta untuk mencegah penyebaran COVID-19.