China Peringatkan Indonesia Jika Stop Perdagangan Gegara Corona

Eramuslim.com – Duta Besar China Xiao Qian memperingatkan Indonesia yang ingin membatasi kegiatan ekspor dan impor imbas penyebaran virus corona.

“Tindakan itu akan membuktikan hubungan perdagangan dua negara dan memberikan dampak negatif dari kerja sama yang ada,” ujar Xiao dalam konferensi pers terkait virus corona di Kedutaan Besar China, Kuningan, Jakarta, Selasa (4/2).

Sejauh ini, pemerintah Indonesia memang melarang sementara penerbangan dari dan ke China untuk mencegah penyebaran virus corona. Kementerian Perhubungan RI mengimbau sekitar 3.000 WNI di China yang ingin pulang sebaiknya berangkat sebelum kebijakan berlaku, yakni Rabu (5/2) pukul 00.00 WIB.

Selain itu, pemerintah juga menghentikan sementara pemberian visa bebas kunjungan dan visa on arrival untuk warga China yang hendak ke Indonesia.

“Indonesia-Tiongkok adalah tetangga yang baik, kami berharap pihak Indonesia bisa memandang wabah ini dan tindakan pencegahan penanggulangan Tiongkok secara rasional dan ilmiah,” tutur Xiao.