Curhat Seorang Dokter: “Mau Punah Aja Indonesia?”

Eramuslim.com – Kemarin saya harus memakai baju astronot seperti dalam foto ini demi tahu perkembangan pasien bayi yang PDP (pasien dalam pengawasan), pasien curiga kena Covid-19 tapi belum pasti, masih menunggu hasil test.

Tahu ga berapa harga baju ini? Bahannya disposible, 500 ribu, sekali pakai! Ya udah sih 500 ribu doang. Hey..ini bukan doang ya! Dokter akan visit pasien ini sekali sehari. Perawat akan memeriksa kondisi tanda vital, memasukkan obat dan terapi lainnya 3 kali sehari, dan semuanya sekali pakai, buang! Sehari, dokter dan perawat, berarti 4 kali pakai sama dengan dua juta dan buang. Dua juta sehari baru APD buat nakes (tenaga kesehatan) nya aja lho, belum yang lain lain.

Bayangkan juga gimana kalau merawat pasien yang positif corona dengan segala komplikasinya yang lebih berat. Mungkin harus masuk lebih dari 4 kali sehari. Hitung, berapa uang yang keluar per hari? Itu baru satu gaes. Bayangkan kalau tiap rumah sakit PDP nya jadi 10, 20, 100 dan seterusnya. Apalagi kalau pasien yang dirawat positif dan berat, semakin hari semakin bertambah. Berapa uang yang harus keluar? Baru dari baju loh gaes!

Memangnya pemerintah ada uangnya buat siapin ini semua? Ga ada. Ya udah, artis dan pejabat lah pada kumpulin uang buat beli APD. Oke uang terkumpul ratusan miliar, emang barangnya ada? Masker aja susah apalagi baju astronot macam gitu gaes.