Dari Aceh Untuk Rohingya

Eramuslim – Selasa 12 September 2017, Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Prov. Aceh, Tgk H. Faisal Ali meresmikan kampanye Aceh untuk Rohingya. Aksi ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian masyarakat Aceh untuk Rohingya.

Dalam pidatonya, Tgk H. Faisal Ali yang juga di dapuk sebagai Ketua Gerakan Solidaritas Aceh mengajak masyarakat di Bumi Serambi Mekkah untuk berpartisipasi membantu muslim Rohingya yang merupakan etnis paling menderita di dunia karena serangkaian persekusi sistemik yang dilakukan oleh militer dan pemerintahan Myanmar.

“Pada tahap pertama, kita akan lakukan penggalangan dana dan pengumpulan beras dari masyarakat Aceh untuk kita sumbang ke pengungsi Rohingya. Selain itu, kita juga kampanye secara massif agar masyarakat berdo’a secara rutin untuk Rohingya di masjid-masjid dan tempat ibadah lainnya,” ujar Tgk H Faisal Ali.

Tgk H Faisal Ali juga mengatakan, pihaknya akan mengkoordinir seluruh elemen masyarakat Aceh dalam gerakan solidaritas ini. Bantuan yang terhimpun nanti, kata Tgk H Faisal Ali, akan disalurkan via lembaga-lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) atau lainnya.

“Kami juga akan koordinasi dengan Gubernur Aceh, para Bupati, dan rektor Universitas di Aceh untuk memperkuat gerakan ini. Diharapkan, kita bisa membangun shelter dan dengan nama ‘kampung Aceh’ untuk pengungsi Rohingya di Bangladesh , ” tambah Tgk H Faisal Ali.

Breuh Sicupak untuk Rohingya

Sementara itu, sekretaris Solidaritas Aceh untuk Rohingya, Teuku Farhan menyatakan, pihaknya mengkampanyekan gerakan “breuh sicupak” (Segenggam Beras) untuk Rohingya dengan harapan setiap masyarakat bisa berpartisipasi membantu Rohingya.

“Mari kita sisihkan sebagian rizki kita untuk membantu mereka. Ayo kita bantu bantu mereka walaupun hanya dengan “breuh sicupak,” ujar Teuku Farhan.

Donasi masyarakat Aceh yang terkumpul nanti akan dikirimkan pada 25 September 2017 melalui Kapal Kemanusiaan yang akan menuju Bangladesh melewati Aceh, aktivis pemuda ini menjelaskan.

Bantuan berupa beras, tambah Teuku Farhan, bisa dikirimkan langsung ke Sekretariat Solidaritas Aceh untuk Rohingya di Komplek Kantor MPU Aceh, Lampeuneurut.  Sementara itu donasi juga bisa dikirimkan melalui rekening : Bank Aceh Syariah (116) 610.01.99.000088.4 an. Aceh untuk Rohingya. (HI/Ram)