Dari Mako Kopassus, Jenderal Moeldoko Nyatakan Siap Jalankan Operasi Militer Tuntaskan Kisruh KPK-Polri

192027_620Eramuslim.com – Dalam perseteruan antar dua lembaga penegak hukum negara ini, KPK-Polri, TNI jelas tidak akan ikut campur. Namun lain hal jika Jokowi meminta bantuan TNI. Sebab itu, Panglima TNI Jenderal Moeldoko dengan tegas menyatakan TNI siap gelar operasi militer selain perang untuk menyelesaikan gesekan antara KPK dan Polri.

“Dengan jelas TNI mengatakan tidak akan ikut campur dalam masalah KPK dan Polri. Tetapi jika presiden memberi instruksi kami turun, kami akan melakukan operasi militer selain perang,” ungkap Moeldoko di Mako Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, (6/2).

Operasi militer selain perang, adalah upaya TNI untuk mengembalikan stabilitas dan keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) jika situasi buruk terjadi, serta ada indikasi mengancam keutuhan NKRI.

“Jika TNI dipanggil presiden, TNI harus siap apapun dan kapanpun itu. Tapi TNI tak mau dilibatkan dalam kisruh KPK dan Polri.  Pedoman kita adalah Presiden ingin agar tidak terjadi gesekan di Polri dan KPK,” tandas Moeldoko. (rz)