Demo Buruh, Inilah Tahapan Perubahan Layanan Bus Trans Jakarta

DSC_0584Eramuslim.com – Dalam rangka menyambut Hari Buruh (May Day) yang jatuh tiap 1 Mei, Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) akan menggelar demonstrasi di ibu kota. Karena itu, layanan Transjakarta akan mengikuti kondisi situasi di ibu kota.
“Tahapan yang akan dilakukan yaitu perlambatan, pengalihan jalur, perpendekan rute hingga setop operasional mengikuti kondisi lajur layanan di masing-masing koridor,” ujar Direktur Utama PT Transportasi Jakarta, ANS Kosasih, dalam siaran pers, Kamis (30/4).
Menurutnya, sesuai dengan pengalaman di tahun-tahun sebelumnya, ada beberapa koridor yang terkena dampak dari aksi longmarch para buruh, yaitu Koridor 1 (Blok M-Kota), Koridor 2 (Pulo Gadung-Harmoni), Koridor 9 (Pinang Ranti-Pluit), Layanan BKTB (PIK-Monas), Rute Ragunan-Monas dan Rute PGC-Grogol.
Berikut rekayasa yang akan dilakukan Transjakarta terhadap layanan yang bersinggungan dengan aksi May Day:
– Layanan Koridor 1 akan mengalami perlambatan yang dilakukan secara situasional oleh polisi. Bila massa terus bertambah, maka dilakukan perpendekan layanan menjadi Kota-Harmoni dan layanan dari Blok M-Monas ditutup sementara mengikuti perkembangan lajur jalan.
– Rute Ragunan-Monas menjadi Rute Ragunan-Dukuh Atas namun dilakukan secara situasional.
– Layanan Koridor 2 (Pulo Gadung-Harmoni) secara situasional menjadi:
* Dari Pulo Gadung-Harmoni layanan normal.
* Dari Harmoni menuju Pulo Gadung dilakukan pengalihan dengan rute sebagai berikut dari Harmoni-kiri-Pecenongan-Juanda-Pasar Baru-Pejambon-Lapangan Banteng-Merdeka Timur-Patung Tani-masuk halte Kwitang dan seterusnya menuju Pulo Gadung. Pengalihan bersifat situasional mengikuti kondisi lalu lintas.
– Layanan BKTB hanya melayani dari PIK hingga Harmoni.
– Layanan koridor 9 kemungkinan mengalami pengalihan sebagai berikut (situasional):
* Dari Pinang Ranti menuju Pluit melalui Gerbang Tol Cawang dan keluar di Gerbang Tol Slipi. Untuk halte yang tidak dilayani yaitu halte Cikoko Stasiun Cawang, halte Tebet BPKM, halte Pancoran Tugu, halte Pancoran Barat, halte Tegal Parang, halte Kuningan Barat, Halte Gatsu Jamsostek, halte Gatsu LIPI, halte Semanggi, halte Senayan JCC dan halte Slipi Petamburan.
– Rute PGC-Grogol melalui Gerbang Tol Cawang keluar di Gerbang Tol Slipi.(rz)