Di Forum G20 Jokowi Terlihat Canggung

Foto lain yang diunggah akun itu adalah foto Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi bersama Macron dan istrinya, Brigitte Trogneux Macron.

Juga ada foto di saat Jokowi duduk diapit Macron dan Trump. Jokowi terlihat berbisik-bisik dengan Trump. Tidak dijelaskan apa yang dibicarakan mereka sambil berbisik-bisik. Apakah sesuatu yang yang penting, atau sekadar basa-basi.

Di luar dari apa yang dipublikasikan oleh akun @jokowi tentu ada juga foto atau potongan video lain yang memperlihatkan Jokowi di arena KTT G20.

Salah satunya adalah potongan video yang memperlihatkan Jokowi sedang berusaha menjelaskan sesuatu kepada Macron, namun Macron terlihat kesulitan memahami apa yang dimaksud Jokowi.

Akhirnya Macron berpaling dan berbicara dengan Kanselir Jerman Angela Merkel.

Pengamat komunikasi politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio, menilai dalam berbagai foto atau video yang menampakkan Jokowi bersama pemimpin dan tokoh dari negara-negara lain, masih ada kesan canggung dan tidak percaya diri.

“Gestur canggung seperti dicitrakan sikap tak percaya diri Presiden Jokowi harus diperbaiki demi nama baik dan harga diri bangsa,” ujar Hendri dalam perbincangan dengan redaksi.

Gestur canggung yang sering diperlihatkan Jokowi, sambungnya, seperti beberapa kali memperbaiki tempak duduk dan dasi. Atau tanpa ekspresi setelah ditinggal lawan bicara.

“Hal ini bisa diperbaiki bila Presiden lebih sering hadir di forum Internasional dan selalu membiasakan menggunakan bahasa Indonesia dan tidak memaksakan menggunakan bahasa Inggris,” sambung Hendri. Jokowi memang sudah diketahui umum tidak bisa atau tidak lancar berbahasa Inggris.

“Lagi pula penggunaan Bahasa Indonesia dianjurkan oleh undang-undang,” demikian Hendri.(kl/rmol)