Dikuatirkan Tumpang Tindih Dengan TNI, Prabowo Didesak Jelaskan Denwalsus

Eramuslim.com – Kementerian Pertahanan (Kemhan) membentuk Detasemen Kawal Khusus (Denwalsus) untuk mengawal Menhan Prabowo Subianto dan tamu VVIP. PPP meminta Prabowo menjelaskan secara langsung tugas pokok hingga anggaran Denwalsus ke Komisi I DPR RI.

“Kami memang perlu penjelasan secara komprehensif dari Jenderal Prabowo Subianto di masa sidang mendatang. Penjelasan tersebut meliputi tugas pokok dan fungsinya, sumber anggarannya, dan menjaga agar tidak tumpang tindih dengan empat matra, yaitu Mabes TNI, Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara,” kata Ketua Bidang Fungsional DPP PPP, Syafullah Tamliha, kepada wartawan, Senin (12/4/2021).

Tamliha menjelaskan pengawalan terhadap Menhan merupakan kewenangan TNI. Anggota Komisi I DPR itu menyebut pengawalan untuk Menhan dilakukan secara berlapis.

“Pengawalan terhadap Menteri Pertahanan sudah ada dari Mabes TNI dan dilakukan secara berlapis dari Unit Organisasi (UO) Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara. Pengawalan tersebut juga berlaku bagi tamu Menhan dari negara sahabat,” sebutnya.