Din: Islam Harus Tampil Sebagai Agama Perdamaian dan Kemajuan

Islam adalah agama perdamaian, keadilan dan kemajuan. Maka oleh karena itu umat Islam harus tampil memberikan kesaksian kepada dunia tentang watak Islam tersebut.

Demikian Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, M. Din Syamsuddin dalam ceramahnya di hadapan First National Summit of Ulama se-Filipina di Manila, Rabu kemarin.

Summit yang diselenggarakan Philippine for Islam and Democracy itu dihadiri sekitar 300-an ulama dari seluruh Filipina dan berlangsung 29-30 Januari, mengangkat tema "One Message, One Ummah."

Lebih lanjut Din Syamsuddin mengatakan bahwa Dunia Islam termasuk di Filipina memerlukan strategi kebudayaan untuk menjawab tantangan peradaban dunia yang selain membawa hal positif juga membawa dampak negatif terhadap kehidupan umat Islam.

Dalam kaitan ini, Din meminta agar umat Islam tidak kehilangan kepercayaan diri, dan berupaya menyusun langkah strategis dengan memajukan sektor ekonomi dan pendidikan.

"Umat Islam tidak boleh bersedih apalagi kehilangan kepercayaan diri, tapi harus bangkit menyusun langkah strategis dengan menekankan pada sektor ekonomi dan pendidikan, "ujarnya dalam pernyataan persnya. (novel)