Edy Mulyadi Anggota PWI Jaya

 


eramuslim.com  – Ketua PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Jaya, Sayid Iskandar menegaskan, Edy Mulyadi adalah anggota PWI Jaya. Ia teregistrasi dengan Nomor anggota 09.00.19895.21M, dan berlaku sampai 4 November 2023.

“Edy Mulyadi mengikuti orientasi wartawan tahun 2021. Sebelumnya pernah menjadi anggota PWI, tetapi tidak berlaku lagi karena tidak pernah diurus yang bersangkutan.  Makanya, harus ikut orientasi dan kartu yang dimilikinya sekarang anggota muda,” kata Sayid, kepada FNN melalui telefon, Senin, 31 Januari 2022.

Menurut Sayid, kartu keanggotaannya bisa gugur, jika Edy kelak dinyatakan bersalah oleh pengadilan. “Setelah putusan hukum berkekuatan tetap, maka akan disidangkan di Dewan Kehormatan (DK) PWI Jaya. DK inilah yang akan memutuskan menggugurkan atau mencabut keanggotaannya, jika sudah berkekuatan hukum tetap,” kata Sayid kepada FNN.

Mengenai kasusnya, ia menghormati dan mempersilahkan Edy mengikuti proses hukumnya. Adapun tentang ucapannya sehingga dilaporkan ke polisi, Sayid mengatakan masih bisa diperdebatkan, apakah produk jurnalistik atau tidak.

“Yang berhak memutuskan apakah sebuah berita dan tayangan di media itu sebuah produk jurnalistik atau tidak  adalah Dewan Pers,” ucapnya.

Secara terpisah, Edy Mulyadi mengatakan siap menghadapi kasus hukum yang menimpanya. Yang terburuk sekali pun, ditahan ia sudah siap. “Risiko perjuangan,” ujarnya.