Gede Sandra: Zhejiang Huayou Kerjasama Dengan Inalum Untuk Kuasai Freeport Indonesia?

Menurut dia, bila diberi kesempatan untuk terlibat dalam pembangunan smelter Freeport Indonesia, pihak Tiongkok jelas senang.

“Mereka akan membantu pembangunan smelter Freeport dalam aspek teknologi dan pendanaan,” sambungnya.

Hanya saja yang perlu dicari tahu, apa imbalan yang akan mereka dapatkan.

“Konsesi cadangan? Hanya Widodo yang punya jawabannya,” demikian Gede Sandra.

Bulan Oktober tahun lalu, sebelum membeli saham Freeport Indonesia, Direktur Utama Inalum, Budi Gunadi Sadikin, mengatakan, aksi korporasi Inalum mengakuisisi 51 persen saham Freeport Indonesia harus  mendapat izin dari Badan Antitrust China.

Tanpa izin dari lembaga antimonopoli  China itu, Inalum dipastikan tidak bisa membeli saham Freeport McMoRan di Freeport Indonesia.

Sebagai konsumen tembaga terbesar di dunia saat ini, China memiliki kepentingan yang sangat besar untuk menjaga persaingan usaha di antara produsen tembaga. Demi menjaga kepentingan mereka, China mewajibkan semua produsen tembaga meminta izin saat hendak melakukan aksi korporasi, baik merger, akuisisi, dan perubahan kepemilikan saham, dan sebagainya. (rmol)


AKAN TERBIT… HOLLYWOOD UNDERCOVER, Eramuslim Edisi 3 Revisi. Mengurai gurita rahasia Zionisme dibalik tirai produksi Film2 Hollywood. Akan terbit insyaAllah ditanggal 25 Mei 2019. Harga PreOrder Rp 85.000/eks (belum tmsk ongkir) Pemesanan ke WA/SMS di 085811922988 dengan menyebutkan Nama pemesan, dan alamat kirimnya, agar kami bisa tawarkan. Pesan sgera agar kami catatkan pemesanannya… Wassalamu alaikum wr wb