Ini Bocoran Putusan MK Soal Pilpres 2024 Versi Denny Indrayana

eramuslim.com – Pakar Hukum Tata Negara, Denny Indrayana menjelaskan empat kemungkinan putusan Mahkamah Konsitusi (MK). Terkait dengan sengketa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Itu ia dasarkan pada Pasal 77 Undang-Undang MK, π‘—π‘’π‘›π‘π‘‘π‘œ Peraturan MK Nomor 4 Tahun 2023. Di situ, disebutkan putusan MK dalam sengketa Pilpres 2024 ada tiga jenis.

Pertama permohonan tidak dapat diterima (𝑁𝑖𝑒𝑑 π‘‚π‘›π‘‘π‘£π‘Žπ‘›π‘˜π‘’π‘™π‘–π‘—π‘˜π‘’ π‘‰π‘’π‘Ÿπ‘˜π‘™π‘Žπ‘Žπ‘Ÿπ‘‘); Permohonan dikabulkan; atau Permohonan ditolak.

β€œSaya meyakini, Mahkamah tidak akan memutuskan permohonan tidak dapat diterima, karena permohonan Paslon 01 dan 03 jelas memenuhi syarat formil untuk diputuskan pokok permohonannya,” jelasnya dikutip dari unggahannya di X, Selsa (16/4/2024).

Ia merangkan, permintaan (petitum) dalam permohonan Paslon 01 intinya adalah mendiskualifikasi Paslon 02 (Prabowo Subiantoβ€”Gibran Rakabuming Raka), lalu pemungutan suara ulang (PSU) Pilpres hanya antara Paslon 01 dan 03 saja.

Atau, lanjut Denny, hanya mendiskualifikasi cawapres Gibran Rakabuming Raka, lalu PSU Pilpres dengan mengikutsertakan Prabowo Subianto dengan cawapres pengganti Gibran.

Sementara permintaan Paslon 03, mendiskualifikasi Paslon 02, lalu pemungutan suara ulang (PSU) Pilpres hanya antara Paslon 01 dan 03 saja.

Setelah melihat jalannya persidangan, bukti-bukti yang dihadirkan, termasuk keterangan saksi, ahli dan para menteri, juga memperhatikan komposisi dan rekam jejak delapan hakim konstitusi yang menyidangkan, ia menduga putusan Mahkamah adalah diantara empat pilihan.

β€œOpsi satu: Mahkamah konsitusi menolah seluruh permihonan, laku hanga memberikan catatan dan usulan perbaikan Pilpres,” ucapnya.

Jika ini yang terjadi, Denny mengatakan mahkamah akan menguatkan Keputusan KPU yang memenangkan Paslon 02, dan hanya memberikan catatan perbaikan penyelenggaraan Pilpres, utamanya kepada KPU dan Bawaslu.

β€œMahkamah pada dasarnya menyatakan dalil-dalil permohonan tidak terbukti. Melihat situasi politik-hukum di tanah air, saya berpa dangan opsi satu ini yang sangat mungkin jadi kenyataan,” ujarnya.

Pilihan kedua, MK mengabukjan seluruh pernohonan. Yakni mendiskualifikasi Paslon 02, dan melakukan PSU.

β€œDari semua opsi, melihat situasi-kondisi politikβ€”hukum di tanah air; termasuk rumit dan sulitnya proses pembuktian, saya berpandangab opsi dua ini hampir muskil bin mustahil terjadi,” terangnya.

Pilihan ketiga, mantan Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manhsia itu menyebut MK mengabulkan sebagian permohonan. Yakni mendiskualifikasi Gubran Rakabuming sebagau Cawapres. Sementara Prabowo ikut PSU bersama Cawapres baru.

β€œMeskipun mungkin saja terjadi, opsi tiga ini tetap tidak mudah, dan membutuhkan tidak hanya keyakinan hakim ataupun π‘—π‘’π‘‘π‘–π‘π‘–π‘Žπ‘™ π‘Žπ‘π‘‘π‘–π‘£π‘–π‘ π‘š, tetapi juga keberanian, pengakuan, dan introspeksi institusional bahwa problem moral-konstitusional pencalonan Gibran bersumber dari Putusan 90 Mahkamah sendiri, sebagaimana telah secara terang-benderang diputuskan oleh MKMK,” imbuhnya.

 

 

Beri Komentar